Wednesday, November 9, 2016

Eksotika Pantai Pedalen  Kebumen


Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata Kebumen?
Wisata pantai?Wisata air terjun? Kuliner Kebumen?atau budaya dan bahasanya?
Ha ha hanya Anda yang tahu :)
Baiklah,tulisan kali ini akan menyajikan keindahan pantai Pedalen Kebumen.
Pantai Pedalen terletak di desa Argopeni, kec. Ayah, kab. Kebumen.
Pantai ini pada dasarnya adalah sebuah tempat nelayan mencari ikan dan TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Misalkan Anda terlintas ingin berenang,mohon buang jauh-jauh angan Anda,mengingat lokasi pantai yang banyak batu karangnya,terlalu bahaya dan beresiko tinggi.. Lokasi pantai juga relatif kecil untuk sebuah pantai pada umum nya.
Pantai ini lebih mengutamakan pemandangan dan aktifitas nelayan setempat,disini juga terdapat base atau kantor tin SAR.Terdapat 2 lokasi untuk menikmati pemandangan disini,dipantai tempat nelayan beraktifitas atau didepan kantor base SAR. Jaraknya bersebelahan juga kok,belok kanan dikit sekitar 25 meter saja,sampai deh... :)
Bagi penggemar fotografi,aktifitas nelayan dan spot sunset dapat Anda nikmati dilokasi ini. Sambil berdoa,semoga diberi kondisi alam yang cerah. Amin.
Nelayan disini ramah dan bersahabat,terkadang saling mengajak bercanda.Waktu saya kesana,kebetulan bukan hari libur,wow....ada nelayan yang manjat pohon kelapa,mengambil kelapa muda...hmmm dikasihkan ke saya...ahh segarrrrr...terimakasih bapak :)
Selalu ada cerita menarik dalam setiap lokasi pantai atau tempat yang saya datangi. Hmmm bukan bermaksud menakuti Anda sih :)
Disini para nelayan berpantang untuk tidak melaut dengan saudara kandung,misal kakak dan adik. Banyak kejadian dulu,kalau ga kakak atau adik yang hilang.Bisa percaya dan tidak,saya hamya mendengarkan dan menyampaikan kepada Anda apa yang saya dengar. Itulah uniknya  :).
Sayang ketika kesana pas hari biasa,loket disini pada ga ada orangnya,dan ternyata banyak 
lokasi pantai disini (kecuali yang sudah punya nama) tidak ada penjaganya,mereka hanya jaga ketika hari libur atau musim sekolah libur. Sayang,padahal waktu kesana cukup banyak wisatawan lokal yang kesana.
Berikut foto-foto yang yang saya ambil pada waktu kesana. Foto diambil bulan oktober 2016. Untuk tayangan video bisa Anda lihat link dibagian bawah.

situasi siang hari buat persiapan melaut

deretan perahu siap melaut

pantai yang bersih meskipun kecil

menarik perahu dari bibir pantai

budaya saling membantu

latar belakang pantai Pedalen

pulang melaut,dari depan base SAR

pantai Ayah dari Pedalen

merapat di perkantoran :)

disambut teman yang siap menolong
Demikian sedikit informasi dari panta Pedalen Kabupaten Banyumas..
Terimakasih dan salam jalan-jalan wisata  :) sumanggaaken

No comments:

Post a Comment